Tata Tertib MinHos

Sebelum Praktikum

  1. Penanggung jawab kelompok praktikum melakukan peminjaman alat dan bahan praktikum dengan mengisi formulir peminjaman dan meninggalkan kartu mahasiswa.
  2. Penanggung jawab kelompok praktikum mengecek kelengkapan alat yang dipinjam dan bahan habis pakai sesuai dengan daftar alat yang akan digunakan pada praktikum.
  3. Penanggung jawab kelompok mengambil daftar hadir dan kunci ruangan untuk kegiatan praktikum kepada petugas laboratorium.
  4. Praktikan menggunakan ruang laboratorium sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan harus sudah hadir di ruang praktikum sepuluh (10) menit sebelum kegiatan praktikum dimulai.
  5. Kegiatan praktikum yang tidak dapat dilaksanakan sesuai jadwal, selambat – lambatnya 12 jam sebelum pelaksanaan praktikum, dosen koordinator MA/pembimbing praktikum dan praktikan sudah menginformasikan kepada petugas laboratorium.

Selama Praktikum

  1. Seluruh praktikan wajib mengenakan baju praktikum selama kegiatan praktikum, baju praktikum dikenakan sebelum memasuki ruang praktikum.
  2. Praktikan hanya diperbolehkan membawa modul praktikum, buku tulis dan alat tulis. Tas praktikan dapat disimpan pada loker yang telah di sediakan, apabila tidak memenuhi dapat diletakkan pada sudut ruangan praktikum dan di tata dengan rapi.
  3. Praktikan dan pembimbing praktikum harus mengisi daftar hadir dan monitoring kegiatan praktikum secara lengkap (Tanggal dan jam pelaksanaan, nama lengkap dosen pembimbing dan uraian materi).
  4. Praktikan yang tidak bisa mengikuti kegiatan praktikum sesuai jadwal yang telah ditentukan dengan alasan yang benar (dengan menyerahkan surat ijin), dapat menggantinya dengan cara mengikuti praktikum yang sama pada kelompok yang lain atas ijin pembimbing praktikum atau dilaksanakan sesuai dengan kebijakan dari Penanggung Jawab MA.
  5. Praktikan tidak diijinkan membuat coretan pada alat laboratorium dan fasilitas laboratorium lainnya.
  6. Apabila ada sarana dan prasarana praktikum yang rusak atau hilang, praktikan diwajibkan segera melaporkan kepada pembimbing praktikum atau petugas laboratorium dan mencatat pada format peminjaman dan pengembalian alat.
  7. Praktikan dan pembimbing praktikum harus mengisi daftar hadir dan monitoring penugasan praktikum secara lengkap.

Sesudah Praktikum

  1. Praktikan merapikan kembali ruang laboratorium sebelum meninggalkan ruangan (merapikan tempat tidur, kursi dan meja).
  2. Praktikan kembali mengunci ruangan praktikum yang selesai digunakan dan mencabut kunci ruangan untuk dikembalikan ke unit laboratorium.
  3. Penanggung jawab kelompok praktikum melakukan pengecekan kelengkapan pengisian daftar hadir dan uraian materi.
  4. Penanggung jawab kelompok praktikum mengecek dan merapikan kembali peralatan praktikum yang telah selesai digunakan, membersihkan peralatan, membuang bahan habis pakai yang selesai digunakan pada tempat yang sesuai dan mengganti dengan bahan habis pakai yang baru sesuai dengan jumlah yang telah digunakan.
  5. Penanggung jawab kelompok praktikum mengembalikan alat yang telah rapi dan kunci ruangan kepada petugas laboratorium dan petugas laboratorium akan mengecek kelengkapan serta kerapian alat. Setelah dinyatakan sesuai, maka kartu mahasiswa dapat diambil kembali.

Sanksi

Bagi praktikan yang tidak mematuhi dan melaksanakan tata tertib pembelajaran praktikum,dosen pembimbing praktikum berhak untuk mengeluarkan praktikan dari ruang praktikum dan atau tidak mengeluarkan nilai praktikum mahasiswa yang bersangkutan.